Tuesday, February 13, 2018

Bore Up Stroke up Honda Cs1 || 183cc!!!!




               




               Selamat tahun baru 2018 :D  selamat menikmati hadirnya blog ini lagi karna lama vakum nulis ya emang banyak kendala sampek setahun mungkin kurang lebih blog ini off :v
                


Sesuai judul kali ini ane bakal ngasih artikekl tentang Bore up & stroke up honda cs1
“Stroke up ?? bore up aja resikonya banyak apalagi stroke up ?? geter ??? “ dan masih banyak lagi irama tanda tanya tentang stroke up dengan penuh keraguan, tentunya masih di Honda cs1 ya bukan motor lain.

                Hal pertama yang membuat ragu emang sih ini motor overbore ber daya kuda tinggi yang kalo di stroke up kok rasanya eman banget ngilangin kesan overborenya ?? iya ga sih ??

emang iya ya, soalnya semakin panjang stroke peak power nya lebih turun ke rpm yang lebih rendah bukan berarti gak ber power kan ??? oke itu point pertamanya

Nah kedua, stroke up pake cara apa ??? geser big end ?? atau bosh pen stroke ?? gimana kalo gak balance kruk asnya ?? balancer apa bisa di pasang ??gak geter banget itu ?? jelas pertanyaan ini yang paling sering terdengar tentunya ya pemirsa setia blog saya, lanjut baca kebawah aja bisa nemu jawabannya :v

                Langsung saja ya ??? (ya iyalah dari tadi juga ditunggu mau bahas apa :v)
Sorry terlalu banyak basa basi :D

                Bore + stroke up sesuai judul diatas, Bore up saya pakai 63,5 CBR dan stroke up nya tidak geser big end dan tidak bosh pen stroke, terus apa ?? PAKAI KRUK AS K56 (SONIC150/CB150Rnew/allnew cbr).

“Emang masuk ????” . masuk kok :D

“Emang PNP ??”. Pnp kalo kruk as nya, 
beberapa penyesuaian tanpa merubah kruk as nya yaitu ganjel ring 2mm di setiap sisi bearing kruk as lihat penampakan pic dibawah
Ini yang mungkin nyari ring nya susah,
dan ane aja mesen ke tukang bubut mintak buatin kanan kiri 2mm ( ada kasus yg make sama sama 2mm kanan kiri malah seret jalannya kruk as nya terus diamplas aja ringnya ditipisin dikit aja nyesuaiin) tapi ane gangalamin ya, ane pas make kanan kiri 2mm

“udah itu aja penyesuaiiannya??” eiitsss jangan seneng dulu, PNP sih iya kruk as nya PnP di crankcase cs1, lah paking stroke  ??? Tusuk sate ?? rantai keteng ??? tentu dirubah dong masak iya kruk as nya naik +- 10mm (dari 47.2 ke 57.8)masa gangerubah point diatas :D


                (ini point point yang dibutuhkan ketika cs1pakai kruk as K56)










0.     -  Kruk as ( ya jelas lah namanya juga temanya ganti kruk as :’v)

1.     -  Paking stroke(paking blok alumunium setebal  +-13mm)

2.     -  Tusuk sate jelas dicari yang jauh lebih panjang  (pake suprax125 yang strokenya 57,9)

3.     -  Baut 2 di kiri blok (yang di lobang kamrat, ane ganemu apa yang sepanjang ini, jadi ane las aja dipanjangin pakai las listrik ditambain tuasnya panjangnya sesuaiin sendiri)

4.    -   Rantai kamrat ( ane pake new mega pro mono shock , panjang stroke nya  sama 57,8 )


5.  Ring 2mm di tiap sisi antara bearing kruk as dan kruk as untuk ring ini jarang yang jual ya karena diameter lobangnya gede (ngikut asnya kruk as) tinggal mesen aja ke bubutan masing masing 2mm (seperti ane sebutin diatas, ada kasus dikasih 2mm kanan kiri malah seret kruk as nya,tinggal di amplas aja ringnya nyesuaiin aja sapai ga seret) tapi ane make 2mm kanan kiri gamaslaah sih (dibawah bisa dilihat ring yang nempel di gigi balancer itu diameter ngikut kruk as nya kalau kurang jelas bisa wa saya saja ya soalnya gasempet foto lagi kayak gimana bearingnya)



.       6. Magnet diganjel ring di bagian luarn

Magnet lebih masing ke dalam jika tidak ditambah ring maka magnet akan oblak pas jalan bunyi klotok klotok, solusinya diganjal ring yang diameternya bisa masuk ke as magnet (ring di foto terlalu tipis karena cuman contoh saja)
 




Hal ini karena panjang kanan kiri kruk as k56 lebih panjang dari cs1 jadi magnet akan lebih masuk ke dalem seperti foto diatas


7. Boring di ganti lebih panjang
Dikarenakan kenaikan langkah yang tinggi, tentunya boring standard yang sangatlah pendek tidak memumpuni lagi, ganti aja boringnya pakai boring diesel (disarankan) , tentunya untung panjang kebawah diukur menyesuaikan lagi, ( ane lupa ngukur panjang totalnya :v )
8. waktu luang + otak jernih & tenang
Kenapa ?? karena jika kita gak ada waktu luang bakal keburu  buruu nanti takutnya malah ceroboh dan hasilnya malah kacau :3 jadi harus butuh point ke tujuh ini , bahkan ini yang utama :D   
                               
               
Nah point diatas itu tambahan tambahan kalau mau pake seher 58 (standard) tapi pakai kruk as sonic :D (disarankan juga menyesuaikan durasi noken as kepada ahlinya karena peruahan stroke yang cukup jauh dari std)
Sekarang bahas motor ane yah , ane ga pake seher cs1 yang 58mm, ane piston pakai CBR 63,5mm, kenapa ??? pertama..karena emang dapetnya gini ane beli satu set head ke temen ane surabaya bernama bro rudhi :D  kedua.. tanggung sama sama rubah boring kalo pake 58 kok rasanya sia sia :v ini kata yang punyak mesin ini pertama seh gitu ya :D skrg bro rudhi udah pake dohc cbr,
                Berarti bore up + stroke up ??? iyaa bore up sama stroke up, cc ketemu berapa ??? ya phi x bore x bore x stroke : 4 = 3,14 x 63,5 x 63,5 x 57,8 4 = 182,9cc (183cc) (phi kalkulator umum beda sama phi kalkulator ilmiah phinya 3,14xxxxxx entah berapa ane lupa intinya ada banyak angka dibelakang 3,14 :v)
Yak, ketemu lah kubikasi 182,9
Bore up sama stroke up apa gak  terlalu resiko ??? radiator bocor ?? dan sejenisnya ???

Yukk simakk punya ane nih .......














                Jalur radiator tetep aktif cuman beda dari awalnya yang bolong semua, lah blok 63,5 ini di cor lagi jalur radiatornya mencegah boring turun dan radiator bocor, Paking ane pakai tembaga, terus dipakein lem trheebond yang kalau kering bisa jadi karet (carinya agak susah ane lupa tipe lemnya), bisa juga pakai lem red silicone karna ane juga biasa pakai itu biar gabocor
IMG_20180203_122144.jpg
                Untuk seher ane buat mendem dan bentuk seher ngikutin squish head menjaga kompresi tetep aman dibuat harian








IMG_20180203_061826.jpg










Piston jelas di re design yah jelas itu, bisa ditiru jugak itu piston ane ituh, kenapa ane buat mendem karena ane sebutin tadi buat nurunin kompresinya biar asik tetep pake pertamax,
untuk pen piston sementara masih pakai bosh pen, disarankan pakai piston klx yang ukuran 63,5 dibentuk ulang lagi tentunya karena sama sama pen 14 (kruk as k56 pen piston 14)
                Buat klep, ane saranin pakai 31/26 (sementara ane pake standard klepnya)
Buat gear depan belakang dapet saran sih make 14/38  karena peak power jelas lebih turun ke rpm lebih rendah,
untuk karburator ane masih pake original spuyer Pj 40 supra Mj 125 new megapro ( tetep enakan PE28)
untuk paking stroke alumunium di blok panjangnya sekitar 13mm +-
.
Tambahan lagi, disaranin termostrat dilepas aja biar air radiatornya ngalir bebas, jaga jaga head kepanasan terus melengkung takutnya


larinya ????gasah dijelasin kenaikan cc yang sangat besar jelas kenaikan power juga besar, belum tau top speed, karena emang ane sekarang gasuka jalan kenceng :v jadi cuman buat nyalip nyalip doang
                Yaudah sekian dulu lah artikel sederhana ane, besok besok update lagi semoga aja sempet,
Untuk konsultasi tanya tanya boleh wa ane di (089601374203) / email : Gayuhfadhel@gmail.com
Salam hangat dari saya & HCST chapter jember semoga bermanfaat bagi semua ^^
Wassalamualaikum wr wb

.
Kritik dan masukannya bisa komen atau wa ^^

3 comments:

  1. Mantap boss. Kalau pakking bloknya 13mm itu beli di mana.

    ReplyDelete
  2. itu stang kruk as nya pakai cs1 apa bawaan kruk as?

    ReplyDelete
  3. Itu paking mesen dimn bos boleh minta nomer wa bwt sharing2

    ReplyDelete