Selamat tahun baru
2018 :D selamat menikmati hadirnya blog ini lagi karna lama vakum nulis
ya emang banyak kendala sampek setahun mungkin kurang lebih blog ini off :v
Sesuai judul kali ini ane bakal ngasih artikekl tentang Bore up & stroke up
honda cs1
“Stroke up ?? bore up aja resikonya banyak apalagi stroke up ?? geter ??? “
dan masih banyak lagi irama tanda tanya tentang stroke up dengan penuh
keraguan, tentunya masih di Honda cs1 ya bukan motor lain.
Hal pertama yang membuat ragu emang sih ini motor overbore ber daya kuda tinggi
yang kalo di stroke up kok rasanya eman banget ngilangin kesan overborenya ??
iya ga sih ??
emang iya ya, soalnya semakin panjang stroke peak power nya lebih turun ke
rpm yang lebih rendah bukan berarti gak ber power kan ??? oke itu point
pertamanya
Nah kedua, stroke up pake cara apa ??? geser big end ?? atau bosh pen
stroke ?? gimana kalo gak balance kruk asnya ?? balancer apa bisa di pasang
??gak geter banget itu ?? jelas pertanyaan ini yang paling sering terdengar
tentunya ya pemirsa setia blog saya, lanjut baca kebawah aja bisa nemu
jawabannya :v
Langsung saja ya ??? (ya iyalah dari tadi juga ditunggu mau bahas apa :v)
Sorry terlalu banyak basa basi :D
Bore + stroke up sesuai judul diatas, Bore up saya pakai 63,5 CBR dan stroke up
nya tidak geser big end dan tidak bosh pen stroke, terus apa ?? PAKAI KRUK AS
K56 (SONIC150/CB150Rnew/allnew cbr).
“Emang masuk ????” . masuk kok :D
“Emang PNP ??”. Pnp kalo kruk as nya,
beberapa penyesuaian tanpa merubah
kruk as nya yaitu ganjel ring 2mm di setiap sisi bearing kruk as lihat
penampakan pic dibawah
dan ane aja mesen ke tukang bubut
mintak buatin kanan kiri 2mm ( ada kasus yg make sama sama 2mm kanan kiri malah
seret jalannya kruk as nya terus diamplas aja ringnya ditipisin dikit aja
nyesuaiin) tapi ane gangalamin ya, ane pas make kanan kiri 2mm
“udah itu aja penyesuaiiannya??” eiitsss jangan seneng dulu, PNP sih iya
kruk as nya PnP di crankcase cs1, lah paking stroke ??? Tusuk sate ??
rantai keteng ??? tentu dirubah dong masak iya kruk as nya naik +- 10mm (dari
47.2 ke 57.8)masa gangerubah point diatas :D
0. - Kruk as ( ya jelas lah namanya juga
temanya ganti kruk as :’v)
1. - Paking stroke(paking blok alumunium
setebal +-13mm)
2. - Tusuk sate jelas dicari yang jauh lebih
panjang (pake suprax125 yang strokenya 57,9)
3. - Baut 2 di kiri blok (yang di lobang
kamrat, ane ganemu apa yang sepanjang ini, jadi ane las aja dipanjangin pakai
las listrik ditambain tuasnya panjangnya sesuaiin sendiri)
4. - Rantai kamrat ( ane pake new mega pro mono
shock , panjang stroke nya sama 57,8 )
5. Ring 2mm di tiap sisi antara
bearing kruk as dan kruk as
untuk ring ini jarang yang jual ya karena diameter lobangnya gede (ngikut asnya
kruk as) tinggal mesen aja ke bubutan masing masing 2mm (seperti ane sebutin
diatas, ada kasus dikasih 2mm kanan kiri malah seret kruk as nya,tinggal di
amplas aja ringnya nyesuaiin aja sapai ga seret) tapi ane make 2mm kanan kiri
gamaslaah sih (dibawah bisa dilihat ring yang nempel di gigi balancer itu diameter ngikut kruk as nya kalau kurang jelas bisa wa saya saja ya soalnya gasempet foto lagi kayak gimana bearingnya)
. 6. Magnet diganjel ring di bagian luarn
|
Hal ini karena panjang kanan kiri kruk as k56 lebih panjang dari cs1 jadi
magnet akan lebih masuk ke dalem seperti foto diatas
7. Boring di ganti lebih panjang
Dikarenakan kenaikan langkah yang tinggi, tentunya boring
standard yang sangatlah pendek tidak memumpuni lagi, ganti aja boringnya pakai
boring diesel (disarankan) , tentunya untung panjang kebawah diukur
menyesuaikan lagi, ( ane lupa ngukur panjang totalnya :v )
8. waktu luang + otak jernih & tenang
Kenapa ?? karena jika kita gak ada waktu luang bakal
keburu buruu nanti takutnya malah
ceroboh dan hasilnya malah kacau :3 jadi harus butuh point ke tujuh ini ,
bahkan ini yang utama :D
Nah point diatas itu tambahan
tambahan kalau mau pake seher 58 (standard) tapi pakai kruk as sonic :D
(disarankan juga menyesuaikan durasi noken as kepada ahlinya karena peruahan
stroke yang cukup jauh dari std)
Sekarang bahas motor ane yah , ane ga pake seher cs1 yang
58mm, ane piston pakai CBR 63,5mm, kenapa ??? pertama..karena emang dapetnya
gini ane beli satu set head ke temen ane surabaya bernama bro rudhi :D kedua.. tanggung sama sama rubah boring kalo
pake 58 kok rasanya sia sia :v ini kata yang punyak mesin ini pertama seh gitu
ya :D skrg bro rudhi udah pake dohc cbr,
Berarti
bore up + stroke up ??? iyaa bore up sama stroke up, cc ketemu berapa ??? ya
phi x bore x bore x stroke : 4 = 3,14 x 63,5 x 63,5 x 57,8 4 = 182,9cc
(183cc) (phi kalkulator umum beda sama phi kalkulator ilmiah phinya 3,14xxxxxx
entah berapa ane lupa intinya ada banyak angka dibelakang 3,14 :v)
Yak, ketemu lah kubikasi 182,9
Bore up sama stroke up apa gak terlalu resiko ??? radiator bocor ?? dan
sejenisnya ???
Yukk
simakk punya ane nih .......
Jalur
radiator tetep aktif cuman beda dari awalnya yang bolong semua, lah blok 63,5
ini di cor lagi jalur radiatornya mencegah boring turun dan radiator bocor,
Paking ane pakai tembaga, terus dipakein lem trheebond yang kalau kering bisa
jadi karet (carinya agak susah ane lupa tipe lemnya), bisa juga pakai lem red
silicone karna ane juga biasa pakai itu biar gabocor
Untuk seher ane buat mendem dan
bentuk seher ngikutin squish head menjaga kompresi tetep aman dibuat harian
Piston jelas di re design yah jelas itu, bisa ditiru jugak
itu piston ane ituh, kenapa ane buat mendem karena ane sebutin tadi buat
nurunin kompresinya biar asik tetep pake pertamax,
untuk pen piston sementara masih pakai bosh pen, disarankan pakai piston klx yang ukuran 63,5 dibentuk ulang lagi tentunya karena sama sama pen 14 (kruk as k56 pen piston 14)
untuk pen piston sementara masih pakai bosh pen, disarankan pakai piston klx yang ukuran 63,5 dibentuk ulang lagi tentunya karena sama sama pen 14 (kruk as k56 pen piston 14)
Buat klep,
ane saranin pakai 31/26 (sementara ane pake standard klepnya)
Buat gear depan belakang dapet saran sih make 14/38 karena peak power jelas lebih turun ke rpm
lebih rendah,
untuk karburator ane masih pake original spuyer Pj 40 supra Mj 125 new megapro ( tetep enakan PE28)
untuk paking stroke alumunium di blok panjangnya sekitar 13mm +-
.
Tambahan lagi, disaranin termostrat dilepas aja biar air radiatornya ngalir bebas, jaga jaga head kepanasan terus melengkung takutnya
larinya ????gasah dijelasin kenaikan cc yang sangat besar jelas kenaikan power juga besar, belum tau top speed, karena emang ane sekarang gasuka jalan kenceng :v jadi cuman buat nyalip nyalip doang
untuk karburator ane masih pake original spuyer Pj 40 supra Mj 125 new megapro ( tetep enakan PE28)
untuk paking stroke alumunium di blok panjangnya sekitar 13mm +-
.
Tambahan lagi, disaranin termostrat dilepas aja biar air radiatornya ngalir bebas, jaga jaga head kepanasan terus melengkung takutnya
larinya ????gasah dijelasin kenaikan cc yang sangat besar jelas kenaikan power juga besar, belum tau top speed, karena emang ane sekarang gasuka jalan kenceng :v jadi cuman buat nyalip nyalip doang
Yaudah sekian
dulu lah artikel sederhana ane, besok besok update lagi semoga aja sempet,
Untuk konsultasi tanya tanya boleh wa ane di (089601374203) / email : Gayuhfadhel@gmail.com
Salam hangat dari saya & HCST chapter jember semoga
bermanfaat bagi semua ^^
Wassalamualaikum wr wb
.
Kritik dan masukannya bisa komen atau wa ^^
.
Kritik dan masukannya bisa komen atau wa ^^
Mantap boss. Kalau pakking bloknya 13mm itu beli di mana.
ReplyDeleteitu stang kruk as nya pakai cs1 apa bawaan kruk as?
ReplyDeleteItu paking mesen dimn bos boleh minta nomer wa bwt sharing2
ReplyDelete