Friday, February 23, 2018

Biaya bore up & stroke up honda cs1

    selamat malam pemirsa setia blog saya :D
setelah saya banyak request tentang " berapa bikin begitu ?? " berapa biaya bore up ?? " berapa abis total ?? dan berapa berapa yang lainnya, kini saya jabarin satu persatu, kalkulasi enteng entengan lah intinya biar pemirsa setia blog ane bisa ngatur seberapa kebutuhan biaya kalo pingi bore up ya :D

artikel ini di dasari beberapa artikel sebelumnya :

http://fadheltuner.blogspot.co.id/2018/02/bore-up-stroke-up-honda-cs1.html
 
http://fadheltuner.blogspot.co.id/2016/08/bore-up-honda-cs1-stage-2.html

http://fadheltuner.blogspot.co.id/2016/02/bore-up-honda-cs1.html

ane bakal ulas satu persatu kok tentang bore up yang pemirsa butuhin mulai dari yang paling murah sampai yang paling ekstrem :v
langsung saja yah bore up yang pertama...

1.Bore up Cs1 pakai piston oversize tinggi ( os200-400)

Biayanya yang paling murah ya untuk bore tipe ini, Kalian cukup ngerogoh dompet sekitar 500-700 ribu (bisa lebih untuk oversize 300 dan oversize400)

diantaranya yang diperlukan untuk os 200-300 :

- piston oversize 200 - 400 (sesuai keinginan anda ) dengan harga +- 250ribu merk NPP kalau mau lebih bagus ya hi speed 400-500an

- bubut/ bentuk squish ulang head menyesuaikan diameter seher : 30ribu

- Bubut kolter blok original yang sebelumnya diameter 58, dikolter buat dipakein seher os 200 (60) atau os 300 (61) untuk diameter 61 boring akan jadi sangat tipis tapi masih bisa dan udah beberapa yang mengaplikasikan tapi kalo ane sih mending os 200 kalo buat boring standardnya , diatasnya lebih baik baik shock boring lagi pake diameter lebih besar tentunya, diusahakan pakai tukang bubut yang sangat profesional , Biayanya : Untuk kolter saja 30rb , jika ganti boring 200-250 ribu

- paking tembaga, Paking tembaga sangatlah wajib memesan dengan ukuran diameter piston bore up anda, jika tidak resiko radiator bocor kedalam ruang bakar , untuk harga berkisar 50-90 ribu

NB  : untuk oversize 400 diwajibkan ganti boring karena boring std tidak memumpuni menampung piston sebesar ini (62mm)

ketemu itungannya jika bore up os 200-300 biaya kebutuhan hanyalah 400 (diluar bengkel )
sedangkan os 300 ganti boring - os 400 ketemu 600an (diluar biaya bengkel)

diatas hanya biaya bore up saja, atau disebut pembesaran cc pada gampangnya, belum kalau mau maksimal, Noken as bisa dipapasin lagi pake durasi tinggi biar makin maknyussss mungkin wkwkwkk biaya papas noken sendiri bervariasi antara 150-300 ribu biasanya, dan untuk cs1 gak semua bengkel bisa nanganin noken cs1, durasinya banyak yg bilang agak aneh soalnya :D aneh kayak motornya hahahahah :v


jatuhnya nanti untuk bore up stage awal ini jatuhnya 500-700 ribu, itu diluar opsi lain seperti ane sebutin kayak noken as, karburator (biasanya pe28), dan cdi , tapi make std juga cukup kalau cuman buat isengin motor 150cc pabrikan sebelah kok ^^


2. Bore Up cs1 150 cc Piston CBR 63,5

Untuk bore up yang biasa ane sebut stage 2 ini, biaya yang dikeluarkan gajauh beda sama stage 1 , kali ini biaya yang dibutuhkan antara 600-900 ribu (bisa kurang kok ane cuman ambil jaga jaga dana paling banyak abis seberapa hehe )

- Piston CBR (k15,k45,kpp) ori ahm ini cukup murah ya 170ribuan tiap kota bisa beda

- Ganti boring (wajib) 200-250 ribu

- ane saranin blok juga di cor dan dibentuk ulang jalur radiatornya biar gabocor  biayanya 100ribu +-

- Paking tembaga dengan harga 50-90 ribu

- bubut piston di re design sesuai dengan bentuk head ( ane saranin dibuat mendem dan tenganya jenong) 30k

- bosh pen seher, ini dilakukan karena cbr pakai pen 15 dan stang seher cs1 masih pen 13 jadi kita bisa pakai bosh pen kalau mau ngirit tentunya kudu bubutan yang extra presisi nanganin ini kalau ragu bisa pakai kruk as cbr sekalian pnp kok , 30rb

- squish head ngikutin diameter seher , 30 ribu

Ketemu 700 ribu +- untuk bore up pakai seher cbr ini ya :D

masih diluar jasa bengkel dan beberapa rubahan susulan lainnya seperti noken dan klep :D


3. Stroke Up

Untuk stroke up ini tentu jatuhnya lebih mahal daripada bore up ya karena kalau geser big end cs1 ini gabisa main main jelasnya, apalagi bubutannnya pada bego main getok pake palu, duh mending jangan deh.
 stroke up ini ada beberapa cara dan harganya pun berbeda beda diantaranya :

- Geser big end
Untuk geser big end saya kmaren tanyak ke salah satu bengkel bubut stroke up ternama di jawa timur itu jasa geser big end 500ribu - 1 juta , serem ??? untuk geser big end ane ada kenalan temen daerah malang nemu bubutan yang bisa nanganin kruk as cs1 dijamin center & balance untuk info bisa saya bantu via wa

untuk geser big end ini ada di forum grup facebook cs1 ada yang nyentuh total stroke  62mm bahkan 70mm
tentunya biaya yang wahhh ya :D
belum lagi ganti boringnya karena kurang panjang untuk kebawahnya ( untuk naik stroke diatas 2mm)
 biaya ??? bisa dibayangin aja deh ya
belum panjang tusuk sate yang perlu dirubah, untuk baut kiri sbeelah tusuk sate bisa di las aja untuk tusuk sate, kamrat kudu dirubah ubahannya ngikutin panjang stroke total setelah stroke up
bisa wa ane saja detilnya

- Pen stroke
metode ini agak lebih murah,
pen stroke mio harganya 250ribuan + laher belahnya
stang seher bisa pakai mio atau lainnya nyesuaiin panjang stroke total setelah dinaikkan tergantung selera pemirsa mau tambah brp mm ( disarankan maksimal 2mm aja ya)
jelasnya bisa curhat via whatsapp aja yah selebihnya


- Ganti kruk as CBR/ SONIC NEW K56

seperti diartikel ane sebelumnya
 http://fadheltuner.blogspot.co.id/2018/02/bore-up-stroke-up-honda-cs1.html

.
PNP ??? ya pnp dengan beberapa penyesuaian, langsung masuk budget yg perlu di sediakan ya

- kruk as sonic k56 : 550-800rb
- Ganti boring 200-250 rb
- Ganjel RING di kanan kiri kruk as 2mm masing masing : Mesen ringnya 40rb kanan kiri
- kamrat megapro monoshock : 70rb
- tusuk sate : pakai supra125 +-100rb
- Seher ganti pakai 58 pen 14 untuk kruk as k56 stangnya pen 14 , seher bisa pakai kawahara smash, thunder atau lainnya, jelas diskusi bisa wa kok kalo misal kurang jelas
terima diskusi 24jam asal ane gatidur & galagi sibuk :D

untuk semua stroke up tentunya ganjel pakai paking blok alumunium ya
untuk kruk as k56 ini total stroke jadi 57,8, paking alumunium 13mm


Kalo motor ane mah bore up + stroke up
stroke pakai kruk as sonic jadi 57,8 , bore 63,5 cbr :D
total cc jadi 183cc :D
kayak di blog ane sebeleumnya deh detilnya, bisa dilihat di

http://fadheltuner.blogspot.co.id/2018/02/bore-up-stroke-up-honda-cs1.html

.

Untuk blog kali ini sampai sini saja ya ^^
Monggo yang kurang jelas, Butuh bahan bore up/ stroke up, saya beberapa ada, yang gaada juga kalo niat pesen ane bisa carikan
terutama untuk jember dan se eks kerasidenan besuki, dateng aja kerumah ane :D
.
sekian dulu ya kawan ^^
Wassalamualaikum wr.wb
semoga apa yang saya tulis ini, bermanfaat bagi rider cs1 se indonesia dan semuanya tentunya :)
.
WA : 089601374203 / Fadhell HCST CHAPTER JEMBER [ JBR 003]





6 comments:

  1. Mas bro mau nanya dong, itu ganti boringan pakai boringan apa ya ?, sama itu packing gasket untuk piston sonic os 400 pakai berapa mili ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai boring diesel aja bro, paking tembaga dibuat 0.3 mm

      Delete
  2. Gan, pen stroke yg pnp dengan cs1 motor apa gan?

    ReplyDelete
  3. Mas Fadhel, klo pakai kruk as CBR old dan stang seher ninja 150 R total stroke naik jadi berapa ? Dari std CS1 dan CBR old K15 yg 47mm?

    ReplyDelete
  4. Hallo klo piston sonik operates 175 ada ga

    ReplyDelete
  5. Mas mau tanya. Untuk pemakaian kruk as k56 harus sama balancernya jg gak?

    ReplyDelete