Sunday, February 28, 2016

Bore Up HONDA CS1



 (ini motor ane nih, honda cs1 2010)

haiiiii pemirsa setiaaa blog gajelas anee, hari ini tepatnya tanggal 28 februari 2016 ( et dah formal banget) :v
yaaakkk hari iniii gua habis dari bengkel , ngapain coba ??
hahahaha yaaa ngoprek motor lah vroooh :v ekekekek

sesuai judul diatas, ane bakal ulas tentang bore up honda cs1 ini, sebenernya motor ane disini bisa dbilang bore up tanggung, kenapa bisa bore up tanggung??
nah stroke cs1 yaitu 47,2 mm sedangkan bore cs1 std 58mm
maka (phi x bore x bore x stroke x jumlah silinder : 4 )
jadi :
3,14x 58 x 58 x 47,2 x 1 : 4 = 124xxx


lah ane diatas pakai seher honda sonic thailand oversize 400 brother :D
laah oversize 400 ya ??? ekstrem yak ?? :v
tentunyaaa diatas boring diganti bro, kalau pakai boring original jelas sekali tidak memungkinkan bro
ketemu diameter seher yaitu 62mm, laah disinilah yang ane sebut bore up tanggung,, kenapa ?? mari kita simak
sekali lagi ngitung nih
(phi x bore x bore x stroke x jumlah silinder : 4 )
3,14 x 62 x 62 x 47,2 x 1 : 4
maka ketemu : 142,4 <<< tanggung kan :v

lah brother ,, ane memilih seher sonic os 400 karena ,,
1. gak ribet masangnya
2. pas itu ada yang jual sepaket murah :v
3.pin seher sama 13mm
4.gapake papas papas seker lagi
5. dibandingin seher tiger (63,5mm) , ring sonic lebih tipis jadi lebih minim gesek
6.juga gaperlu bubut bubut seher lagi,, insyaallah lebih tahan jadinya

lah kalau ane pake seher tiger
jadinya entar cc nya jadi 150 cc ( pembulatan 149 ), tetapi keribetannya ada di bawah ini yok kita simak kalau mau makai seher tiger :

1.pen seher gasama , jadi harus shock pen ( tapi kini hadir seher tiger pen 13 kok)
2.seher tiger lebih tinggi 6mm , jadi ntar harus bubut bubut dulu di bentuk ulang tuh sehernya
3.ane bingung apalagi -_- silahkan ditambahkan bro jika berkenan ya ^^

nah gitu brother, mangkannya knapa saya milih pake 62mm aja :v
mungkin next ane pakai 63mm biar 150 cc juga :'v
cuman 63mm pen13 yang bagus ya cuman hispeed, mahal vroh :'v


laaahh kan udah kebahas tuh semua apa keunggulan seher sonic :D
Yukk lihaat beberapa proses proses saat pemasangan blok sehernya yg udah di pakein boring 62 mm :D
betewe ini ane beli jadi , bekas , jadi lebih murah sama orang yang jual dikasih murah :v ( curhat)

Ceekidoott !!!

blok seher 62mm (kiri) dan blok seher standard 58mm (kanan)

gambar diatas itu, perbandingan blok seher std cs1 dan yang udah 62mm :D

Nah udah kepasang kaaan tuh :D


Rubahan lagi yaitu ada di blok head pemirsaa , ane gasempet fotoin proses pembubutan
blok headnya ngikutin seher 62mm ini brother, jadi ada yang di papas bagian kubah headnya ( serahin bubutan atau begkel yang profesional aja dah kalau bingung :D )
kalau gadirubah, seher natap head  :D

rubahan yang kedua, ada di paking seng radiator, tentunya perlu dirubah ini nih, std 58, bengkak jadi 62 jadi paking radiator harus lebih lebar,, lah ada dua cara
pesen ke tukang bubut pake bahan seng yang anti karat yang terbaik dah pokok :D kalau seng biasa lama lama bocor terus ngrembes ke ruang bakar, terus lama lama seher resiko jebol ,, hii ngeri gan

cara alternatif yang ane buat :v
ane gunting itu paking ngikutin perubahan sehernya, pas pasin aja dah :v hati hati dan harus rapih bro :D
nah itu alternatif saya ^^


langsung pasang semuaaaanyaaa

sudah terpasang headnyaaa :D
lah stel ulang klepnyaa, intinya harus terpasang rapih kembali lah :v hahaha


pas udah komplit semua plus isi radiator baru plus oli baru :D ( ane pake Pertamina Fastron ungu )

no komen tentang oli sesat ane :p tar ane bahas next time yaa...


pas udah pasang bodynya dll,,, stater,, bruuummmm
PJ/MJ karbu pe 28 dikawal dengan 40/ 125 ( ane gapunya 130,belom beli :'v )

waahh suaraa buleet vrooh, kompressi juga lebih padet kan pake seher sonic lebih jenong :D
gas gas blar blaarrr , buh ampuuun suaranya bikin jeger di hati :D
langsung tancap bas,, akselerasi jauuh terdongkrak dari sebelumnyaa :D
top speed ??? ane belum sempet coba gan :'v baru aja ane pulang terus nulis ini :v
next time anee update yaa :D
ane rasa buat ngasepin tetangga sebelah yang cc nya pade 150 semua :D sudah lebih dari cukup broh asalh dengan settingan karbu yang pas, dan ubahan lain seperti CDI, dan lain lain
( ane cc 125 dulu bisa ngasepin ayago pabrikan sebelah, motor 150cc pabrikan garputala dan masih banyak lagi :v ) belum ini skarang 142 :D eh ane kaga sombong ya ane review :'v

yaaaappp seginii duluu yaa brotherr, next time ane update dah di artikel ini :D
sekian terima kasih, Wasalamualaikum warahmatullahiwabarokatuh ^^

#salamsatuaspal ^^

15 comments:

  1. seher :250
    blok seher :250 ( mau pake dapetnya motor ya gapapa tapi ane emanbro )

    jasa boring +boringnya :200
    papas penyesuaian head : 30ribu

    dianjurkan paking radiator pakai paking tembaga / bahan T4
    tembaga :150ribuan
    T4 :60 ribuan (ini udah bagus kok )
    jasa bongkar pasang anggepah 100

    harga diatas bisa kurang bisa lebih bro di setiap daerah masing masing ^^ Selamat mencoba ^^

    ReplyDelete
  2. booring ane gatau make apa soalnya beli jadi

    kalo yang bagus make borin diesel lebih mahal tapi

    ReplyDelete
  3. Ini fadel hcst jember kah?
    Le,, gimana caranya tetep masih 125cc bisa saingin 150ccnya tetangga? Share tips and trick nya dongs hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa aku fadhel jbr ... Wa aja 083847140728

      Delete
    2. masih aktiv ga bos .. ane punya cs1 mau bore up 150cc ..

      Delete
  4. saya jember brother sorry jarang buka blog skrg

    ReplyDelete
  5. Tapi aman gak bro. Salam dari semarang

    ReplyDelete
  6. Saya menggunakan piston 58 broo liner nya udah sonic terus kalo saya boring ke diameter 60 liner nya masi aman kan bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya aman, liner nya tidak terlalu tipis kan bro

      Delete
  7. Mas wa nya ganti ya. Berapa nomer wa nya?. Ini saya prima cs1 surabaya itu

    ReplyDelete
  8. Berapa nomer wa nya mas fadhel sekarang mau nanya

    ReplyDelete